Rome : Total War (sering disingkat RTW atau Rome) adalah
permainan strategi PC yang dikembangkan oleh The Creative Assembly dan dirilis
pada tanggal 22 September 2004 oleh Activision. Mac OS X versi dari permainan
ini dirilis pada tanggal 5 Februari 2010 by Feral Interactive. Permainan adalah
gelar ketiga dalam seri Total War The Creative Majelis.
Kampanye utama permainan diatur pada masa pemerintahan
Republik Romawi akhir dan awal Kekaisaran Romawi (270 SM - AD 14), dengan
pemain asumsi kontrol dari salah satu dari tiga keluarga Romawi ; fraksi lain
yang dimainkan setelah mereka telah dibuka. Gameplay terdiri dari real-time
pertempuran taktis dibingkai dalam kampanye turn-based strategy, yang terjadi
di seluruh Eropa, Afrika Utara dan Timur Dekat. Pada skala besar strategis,
pemain menghabiskan tiap giliran mengelola diplomasi, pembangunan infrastruktur,
menggerakkan tentara, dan mengelola pertumbuhan penduduk dan ketertiban melalui
pajak dan permainan gladiator, di antara tugas-tugas lainnya. Pada skala yang
lebih kecil, real-time pertempuran melawan tentara musuh berlangsung dalam atau
antar kota, dengan komandan pasukan pemain yang dapat berisi ribuan tentara
individu.
Rome: Total War dirilis untuk pujian kritis, dan telah
diterima dengan baik oleh para gamer, terjadi untuk menghasilkan modding
fanbase gigih dan setia. Hal ini secara luas dianggap salah satu yang terbesar
strategi video game sepanjang masa.
Pada tanggal 2 Juli 2012, Majelis Kreatif mengumumkan
pengembangan Total War : Rome II sebagai edisi berikutnya dari seri Total War.
Rome II ini dimaksudkan sebagai pengganti, menampilkan gameplay pada masa
Republik Romawi dan Kekaisaran, peta kampanye yang lebih besar, serta sejumlah
permainan mekanik baru dan dibawa dari entri Total War sebelumnya.
GAMEPLAY
Pemain mengambil peran setara dengan kepala salah satu dari
tiga rumah Romawi yang besar pada saat itu; Julii, Brutii, dan Scipii.
Masing-masing faksi memiliki satu set yang berbeda dari atribut, tujuan awal,
dan provinsi awal beberapa di bawah kontrol. Pengendalian provinsi diberikan
kepada faksi yang tentara yang menduduki kota provinsi. Tujuan utamanya adalah
untuk menjadi kaisar dengan menaklukkan 50 provinsi, memperoleh dukungan dari
orang-orang, sebelum menangkap Roma sendiri, tetapi " permainan pendek
" dapat digunakan, di mana Anda harus mengontrol 15 provinsi dan hidup
lebih lama dr faksi lain. Kota-kota memiliki berbagai bangunan, yang dapat
dibangun atau ditingkatkan, seperti : candi, saluran air dan amphitheatres,
yang meningkatkan kebahagiaan umum rakyat dan kesejahteraan. Pasar dan akademi
masing-masing meningkatkan kontribusi keuangan kota dan kemungkinan memproduksi
anggota keluarga yang efektif (lihat di bawah). Dinding membuat kota lebih
tahan terhadap serangan oleh musuh tentara - dan barak, rentang memanah, dan
kandang membuka unit militer baru, yang dapat melatih di kota. Pemain
memperluas kekaisaran dengan melatih tentara di kota-kota ramah dan menggunakan
mereka untuk menyerang dan menduduki kota-kota musuh (unit asli tentara bayaran
juga dapat disewa oleh anggota keluarga di luar kota). Mengontrol kota-kota
lebih membawa manfaat di dominasi geografis meningkat dan peningkatan
pendapatan dari pajak penduduk baru. Namun, lebih banyak kota dan populasi yang
lebih besar menjadi semakin sulit untuk mengontrol, karena populaces lokal yang
tahan terhadap pemerintahan asing, dan meningkatnya bala jarak harus melakukan
perjalanan. Jika penduduk sebuah kota yang overtaxed, terbelakang atau tidak
dilindungi, mereka memberontak dan menjadi berlaku faksi mereka sendiri -
kontrol pemain kota hilang, unit garrisoned dipaksa keluar dari kota, dan
tentara pemberontak bermusuhan terbentuk di tempatnya.
Ketika tentara pemain bertemu tentara musuh, real-time
pertempuran taktis 3D dimulai, yang merupakan bagian lain dari gameplay di Roma
: Total War. Modus strategis dan taktis mengintegrasikan sedemikian rupa bahwa
lanskap untuk pertempuran adalah sama seperti yang terlihat pada tempat
tertentu di peta strategis di mana tentara bertemu ; misalnya, jika peta
strategis yang berbukit-bukit, dan tertutup salju, peta pertempuran mencoba
untuk mencerminkan hal itu. Permainan ini memiliki berbagai unit untuk
digunakan dalam pertempuran (sebagian besar yang unik untuk masing-masing faksi),
yang dapat dikategorikan menjadi infanteri, kavaleri, pemanah, dan unit
artileri. Setiap unit memiliki gaya optimal penggunaan, menentang unit terhadap
yang rentan atau efektif, pengaturan formasi, defensif dan ofensif poin memukul,
dan bisa dibilang kritis komponen - moral. Jika moral unit turun terlalu rendah,
itu menjadi tak terkendali, dan tentara yang mencoba untuk melarikan diri dari
medan perang. Tingkat dasar moral unit
dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti pengalaman komando jenderal
tentara (dan bahwa dari umum musuh), tingkat pengalaman tempur, dan sifat dari
unit itu sendiri. Di medan perang, ini lebih dipengaruhi oleh faktor-faktor
seperti tingkat prajurit kelelahan, intimidasi oleh tentara musuh, apakah itu
memegang posisi relatif taktis menguntungkan untuk musuh di dekatnya, jenis
medan, dekat dengan jenderal militer, atau nomor korban sudah diambil.
Pemain
mungkin mencoba untuk mengapit unit musuh, fokus serangan mereka pada umumnya
musuh, menghemat energi dengan berjalan daripada menjalankan unit mereka, atau
beralih pemanah mereka untuk menggunakan lebih lambat tetapi lebih menakutkan
panah berapi - semua sebagai teknik untuk mendapatkan keuntungan moral atas
musuh.
Setiap unit memiliki jarak tertentu dapat melakukan
perjalanan di peta kampanye pada satu giliran, dengan kavaleri dapat melakukan
perjalanan terjauh, dan artileri rumit memiliki jarak gerakan yang paling
terbatas. Gerakan meningkat tergantung pada jenis medan yang dilalui, jenis
jalan ini, dan, di kali, atribut dari komandan umum.
KELUARGA
Masing-masing fraksi dimulai dengan satu set anggota
keluarga yang terdiri dari pemimpin yang fraksi, istrinya, anak-anak mereka,
termasuk ahli waris faksi, salah satu pasangan mereka dan setiap cucu. Hanya
laki-laki anggota keluarga dapat dikontrol, setelah mereka mencapai usia matang,
16 tahun. Mereka mengatur pemukiman ketika ditempatkan di kota dan ketika
menerjunkan pada peta dunia, perintah tentara. Anggota keluarga laki-laki
ditambahkan ke keluarga dengan kelahiran antara anggota keluarga yang sudah
menikah, serta adopsi dan pernikahan. Anggota keluarga akhirnya mati, baik
secara alami melalui usia tua atau mati dalam pertempuran, pembunuhan atau
karena bencana alam. Dengan tidak adanya jenderal komandan tentara lapangan,
kapten adalah komandan secara default. Laksamana memenuhi fungsi yang sama
untuk armada. Begitu juga anggota keluarga, namun muncul dalam daftar pasukan
ketika ditampilkan. Namun, jika seorang kapten menang dalam pertempuran di mana
kemungkinan besar terhadap dirinya, pemain dapat memiliki pilihan untuk
mengadopsi kapten.
Anggota keluarga dapat memperoleh sifat-sifat tergantung
pada tindakan mereka dalam pertempuran atau ketika mengatur sebuah kota. Ini
dapat memiliki efek positif dan negatif pada perintah mereka, manajemen, dan
pengaruh, yang pada gilirannya mempengaruhi kinerja medan perang mereka dan
betapa bahagianya rakyat sebuah provinsi hidup di bawah pemerintahan mereka.
Beberapa sifat-sifat ini yang turun-temurun, dan dapat diwarisi oleh anak-anak
dari anggota keluarga. Anggota keluarga juga dapat memperoleh ancillaries
dengan tindakan yang sama. Ini adalah anggota rombongan seorang jenderal, tapi
hanya dapat nomor hingga delapan. Karakter tambahan dapat diperdagangkan antara
dua anggota keluarga jika mereka berada di tentara atau kota yang sama.
AGEN
Seperti anggota keluarga, agen dapat memperoleh sifat-sifat
dan ancillaries tertentu, yang dapat diperdagangkan, tetapi hanya dengan agen
lainnya dari jenis yang sama. Mereka mandiri dapat menyeberang ke wilayah lain (sekutu,
netral atau bermusuhan) tanpa konsekuensi diplomatik. Ada tiga jenis agen yang
dapat digunakan oleh faksi : mata-mata, diplomat, dan pembunuh. Spies dapat
digunakan untuk mengumpulkan intelijen pada tentara lapangan, menyusup kota-kota
asing untuk mengidentifikasi instalasi musuh, dan melayani dalam peran kontra
spionase di kota pemain sendiri. Ketika mengepung kota musuh, pemain dapat
menanam mata-mata di kota dan menggunakan dia untuk membuka gerbang kota. Para
diplomat dapat bernegosiasi dengan fraksi lain, menawarkan penawaran seperti
aliansi dan hak-hak perdagangan. Mereka juga mungkin mencoba untuk menyuap
tentara musuh dan agen. Assassins digunakan untuk membunuh anggota keluarga
musuh, atau agen lainnya. Mereka juga dapat menyabot bangunan di pemukiman
musuh. Misi ini membawa risiko kematian terhadap agen, seperti halnya dengan
mata-mata.
FAKSI
Kampanye permainan dimulai dengan hanya 3 fraksi dimainkan,
semua Roman : Julii, Brutii, dan Scipii. Setelah menyelesaikan kampanye, 8
fraksi tambahan akan dibuka. Faksi unlockable adalah : The Greek Cities, Mesir,
Kekaisaran Seleukusia, Carthage, Gaul, Germania, Britannia, dan Parthia. Faksi
nonplayable (dalam kampanye) adalah : Macedon, Pontus, Armenia, Numidia,
Scythia, Dacia, Thrace, Spanyol, SPQR, dan faksi pemberontak.
MODIFIKASI
Rome: Total War memungkinkan untuk manipulasi beberapa
sumber daya permainan, termasuk file teks dan tekstur, yang telah menyebabkan
terciptanya banyak modifikasi. Ini termasuk editing unit, kemampuan untuk
mengendalikan faksi yang sebelumnya unplayable, dan jumlah mods konversi
seperti Roma : Total Realisme dan Europa Barbarorum. Ada modifikasi besar
meliputi hampir setiap era sejarah manusia dari abad ke-9 SM sampai awal abad
ke-19, dan bahkan dimasukkan ke dalam pengaturan fantasi seperti Dunia Tengah
dan Warhammer semesta.
PERTEMPURAN BERSEJARAH
Rome: Total War memungkinkan pemain untuk mencoba skenario
pertempuran historis. Pemain biasanya mengambil kendali dari kalah jumlah atau
kehilangan tentara, dan harus berjuang keras untuk meraih kemenangan. Berikut
ini adalah daftar orang-orang yang tersedia :
Pertempuran Danau Trasimene
Pertempuran Raphia
Pertempuran Telamon
Pengepungan Gergovia
Pertempuran Sungai Trebia
Pertempuran Asculum
Pertempuran Carrhae
Pertempuran Cynoscephalae
Pertempuran Hutan Teutoburg
Pengepungan Sparta
SREENSHOT
Rome: Total War | Game Perang Terbaik Sepanjang Masa
Reviewed by Unknown
on
2:06:00 PM
Rating:
No comments: